5 Hal yang Membuat Rumah Tangga Harmonis

Setiap perjalanan rumah tangga pastilah melalui jalan yang lika-liku. Halangan dan rintangan akan senantiasa menghadang ketika merajut bahtera rumah tangga. Kehidupan yang harmonis tentu akan tercipta jika semuanya dapat dilakukan bersama pasangan Anda.

Apapun keadaannya rumah tangga harmonis dapat terwujud jika Anda dan pasangan saling simpati. Bentuk simpati dapat bermacam-macam mulai dari tidak meninggalkan pasangan ketika sedang menghadapi masalah atau lain sebagainya.

Ada banyak hal yang dapat mewujudkan hubungan dalam rumah tangga berjalan harmonis. Keluarga yang harmonis tentu akan menghasilkan keturunan yang baik pula. Siapa sih yang tidak mau mendapat keturunan yang baik? Berikut adalah cara supaya rumah tangga Anda berjalan harmonis.

  1. Banyak Menghabiskan Waktu Luang Berdua

Ketika Anda dan pasangan belum memiliki momongan, alangkah baiknya menghabiskan waktu luang bersama. Habiskan waktu luang dengan mengobrol atau hanya duduk santai sambil menikmati suguhan teh hangat dan roti. Sesekali lontarkan beberapa rayuan yang membuat pasangan Anda semakin senang.

Waktu waktu luang yang bisa Anda gunakan bersama pasangan adalah ketika akhir pekan atau ketika sore hari. Kalau ada waktu luang bersama pada sore hari akan semakin syahdu bersama pasangan menikmati matahari senja dengan suguhan kopi atau teh. Waktu luang yang dilalui bersama justru akan menambah keeratan hubungan dibanding berpergian yang melelahkan.

Menghabiskan waktu luang bersama dengan intensitas sering akan membuat rumah tangga Anda lebih harmonis. Lebih baik menghabiskan waktu luang bersama daripada menjalani kehidupan sendiri-sendiri.

  • Berkomunikasi dengan Baik

Pasangan yang sibuk bekerja biasanya akan kurang dalam berkomunikasi. Komunikasi yang baik bukan hanya berkata sopan ketika akan berangkat bekerja, akan tidur atau yang lain. Tetapi komunikasi yang baik bersama pasangan adalah komunikasi yang memiliki kualitas obrolan seperti curhat atau lainnya.

Dampak kurangnya berkomunikasi dalam rumah tangga ternyata cukup banyak. Bahkan dalam beberapa kasus, pasangan yang jarang berkomunikasi karena sibuk bekerja tidak segera mendapat momongan setelah 2 tahun pernikahan. Hal ini lah yang membuat komunikasi bersama pasangan cukup penting agar keluarga harmonis.

  • Saling Pengertian dan Tidak Memaksakan Kehendak

Perbedaan pandangan atau pilihan menjadi hal yang wajar. Namun, jika kedua belah pihak tidak dapat menghargai tak jarang akan berujung pada pertengkaran. Hal tersebut dipicu juga salah satu pihak memaksakan kehendak akan suatu hal yang mana Anda/pasangan tidak menyetujui.

Jika dalam rumah tangga masih saja mengedepankan ego masing-masing, harapan keluarga harmonis akan sulit tercipta. Tetapi harapan tersebut akan mudah diwujudkan dengan menerapkan sikap saling pengertian dan tidak memaksakan kehendak.

Dimulai dari diri Anda untuk mencoba mengalah dan tidak memaksakan kehendak. Mulailah sadar dan pengertian akan pandangan dari pasangan Anda yang mungkin berbeda. Setiap yang bersama belum tentu melebur menjadi satu dalam hal pikiran dan pandangan.

  • Hindari Perkataan yang Menyakiti Perasaan

Dalam percakapan, pasti ada hal-hal yang dapat melukai perasaan dari pasangan Anda. Oleh karena itu alangkah baiknya Anda berhati-hati ketika ngobrol bersama pasangan Anda. Salah ucap sesekali mungkin tidak masalah dan dapat dimaklumi. Tapi, bagaimana jika setiap hari Anda menyinggung perasaannya tanpa sadar ?

Saat ini mulailah berbicara hati-hati agar tidak menyinggung perasaan pasangan. Berbicara yang dapat menyinggung perasaan pasangan dapat membuat hubungan tidak harmonis dan mudah terjadi pertengkaran.

Itulah ke empat cara agar rumah tangga Anda berjalan harmonis. Memang tidak ada jaminan rumah tangga akan selalu berjalan baik, tapi setidaknya dalam rumah tangga semua masalah dihadapi bersama-sama.

Khusus untuk Anda yang saat ini tengah menghadapi persoalan rumah tangga. Konsultasikan persoalan Anda ke Ibu Dewi Gayatri melalui nomer kontak 0857 2520 5000 atua kunjungi www.DewiGayatri.com